Thursday 5 February 2015

K-On : Houkago Tea Time






Ohayou minna san…

Aku memberi judul artikel ini dengan K-ON : Hokago Tea Time. Karna kali ini aku sedang tertarik dengan Anime yang satu ini. Belakangan ini aku memang sedang suka dengan Anime Jepang. Dan dari beragam Anime yang pernah kutonton, K-On adalah judul Anime yang recommended karna memiliki keunikan tersendiri dari Anime lainnya. Tema yang diangkat di K-On adalah masa-masa indah di SMA, dari pertama kali masuk SMA hingga masa kelulusan.

 K-On sendiri memakai setting di SMA Sakura, sebuah Sekolah Menengah di Jepang yang dikhususkan untuk perempuan. Jadi bisa ditebak bahwa didalamnya tidak akan ditemui drama percintaan. K-On dalam lafal Jepang dibaca Keiyon, merupakan kepanjangan dari Karui Ongaku yang berarti Musik Ringan. Jadi, K-On adalah salah satu jenis Club di SMA Sakura selain Club lain seperti Club Voli, Club Judo, Club supranatural, dsb. Kalo di SMA Indonesia mungkin kita juga mengenal beragam Club Sekolah seperti Club Mendaki Gunung, Club Basket, dsb yang dimasukkan kedalam kegiatan Extra Kulikuler.

Okay, langsung menuju alur ceritanya saja. Dikisahkan, Ritsu yang tertarik untuk masuk ke Club K-On diberitahu bahwa K-On akan dibubarkan karna seluruh anggotanya telah lulus. Satu-satunya cara agar K-On tidak dibubarkan adalah dengan mengawalinya lagi, untuk hal itu dibutuhkan setidaknya 4 orang anggota di tahun itu.Ritsu berhasil mengajak teman karibnya, Mio untuk bergabung. Kemudian Mugi yang sebenarnya ingin bergabung ke Club Paduan Suara, salah masuk ruangan ke ruangan Club K-On dan akhirnya malah bergabung. Yui sendiri ketika melihat selebaran iklan Club K-On mengira K-On sebagaimana namanya adalah semacam pertunjukan alat musik yang gampang semisal Kastanyet.  Sehingga memutuskan bergabung. Akhirnya Club K-On dimulai.

Drama di K-On adalah kehidupan sehari-hari di SMA Sakura, dari liburan musim panas, Festival Sekolah, acara tukar Kado di Malam Natal, Peringatan Tahun Baru, Penerimaan Siswa Baru, Upacara Kelulusan, dsb. Meski Anime ini lebih banyak menampilkan keceriaan dan kekonyolan tokoh-tokoh didalamnya, namun sebagaimana drama kehidupan, betapapun indahnya sebuah hubungan persahabatan tetaplah pada akhirnya ada yang bernama perpisahan yang mengharukan dan menyesakkan hati.

Tokoh-tokoh di dalam K-On sendiri antara lain. Yui yang mungkin bisa dibilang sebagai tokoh utama. Yui adalah Gitaris di K-On sekaligus vokalis. Yui memiliki karakter yang polos, ceroboh, plin-plan, malas, dsb. Namun semua kelemahannya itu tertutupi dengan sikapnya yang selalu ceria, pandai bergaul, lincah dan energik.

Kemudian Ritsu, Drummer di K-On sekaligus pendiri Club. Memiliki karakter tomboy, percaya diri, usil dan pelupa.. Lalu Mio, teman karib Ritsu sejak kecil. Mio adalah Bassis sekaligus vokalis di K-On, meski memiliki karakteristik yang terlihat dewasa dan serius, Mio sangat pemalu dan mudah sekali ditakut-takuti, sebab itulah Mio selalu menjadi tempat Ritsu melampiaskan keusilannya.

Dan pemegang Keyboard di K-On bernama Mugi. Mugi adalah putri seorang direktur sehingga terbiasa hidup mewah. Mugi adalah gadis lembut dan baik hati. Meski begitu Mugi mudah sekali kagum dengan sesuatu dan selalu ingin melakukan hal-hal baru. Setiap hari Mugi selalu membawa kue-kue lezat dan teh di ruang Club sehingga kegiatan Club malah jadi kegiatan santai. Karna kegiatan Club dimulai sepulang Sekolah dan kegiatan yang sering dilakukan di ruang Club adalah minum teh dan makan kue maka Band tersebut diberi nama Houkago Tea Time atau Teh sepulang Sekolah.

Selain itu, Pembina di Club tersebut bernama Sawako yang merupakan mantan anggota K-On di generasi terdahulu. Sawako sendiri beraliran Rock dan dulu mendapat julukan gadis iblis. Namun Sawako berusaha memperbaiki kredibilitasnya. Dia pun menjadi Guru Musik di SMA Sakura dan menjadi populer karna kebaikan dan kelembutannya. Ritsu yang mengetahui masa lalu Sawako akhirnya berhasil membujuknya menjadi Pembina Club.

Anggota Club K-On yang terakhir adalah Azusa. Azusa bergabung ketika Yui, dkk berada di Kelas 2. Ketika Azusa melihat pentas Club K-On di Festival Sekolah ketika penerimaan siswa baru, Azusa merasa tertarik dan bergabung dengan Club tersebut. Azusa adalah si adik kelas. Dibanding yang lain, Azusa memiliki karakter yang tegas dan serius tapi tetap saja dia mudah terbujuk oleh kue-kue lezat Mugi. Karna wajahnya yang manis dan imut,Yui lebih suka memanggilnya Azu-nyan.



Selain itu ada beberapa tokoh penting yang bukan berasal dari Club K-On. Seperti Nodoka, teman karib Yui yang cukup berwibawa, sebagai ketua Dewan Guru (mungkin semacam OSIS di Indonesia) Nodoka banyak membantu K-On ketika mendapat masalah. Lalu Ui, adiknya Yui, teman seangkatan Azusa. Wajahnya sangat mirip dengan Yui karna itu ketika dia merubah model rambutnya menjadi seperti kakaknya maka dia seperti saudara kembar. Berbeda dengan Yui, Ui sangat dewasa.





Musik yang dibawakan di K-On adalah Pop yang ceria. Setiap lagunya memiliki kesan tersendiri di cerita. Seperti U & I adalah hasil karya Yui yang dipersembahkan untuk adiknya. Tenshi Ni Fureta Yo adalah hasil karya Yui, Mugi, Ritsu dan Mio yang dipersembahkan pada Azusa setelah upacara kelulusan mereka. Selain itu ada pula lagu yang berjudul “Gohan wa Okazu” (nasi dan lauknya), lagu buatan Yui yang hanya menceritakan soal makanan. Dan yang menjadi music utama K-On adalah Fuwa Fuwa Time yang dibuat oleh Mio. Selain itu masih ada beberapa lagu lain, termasuk Lagu pembuka dan penutup.









Wah, nampaknya aku sudah bicara cukup banyak juga ya? Kurasa cukup segini aja dech. Kalo dijelaskan terlalu banyak nanti malah mengurangi keasyikan ceritanya. Season 1 terdiri dari 13 seri, kemudian masih ada lagi edisi OVA (seri 14). Setelah itu barulah lanjut ke Season 2 yang tamat di seri 24. Setelah itu, jika berminat bisa download edisi extra (seri 25, 26 dan 27). Oh iya, masih ada seri Movienya juga lho. Oke dech, segini aja dulu. Selanjutnya silakan download Animenya di link yang kutautkan dibawah ini









Dan satu lagi, buat yang ingin download Music Album K-On bisa ambil sini :

Music Album : K-On

winapurwokoadi.blogspot.com

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

2 comments:

  1. Replies
    1. hehe... terima kasih. ini anime pertama yang bikin ane suka dunia anime. sampe review aja sepanjang ini

      Delete

 
biz.