Saturday 21 February 2015

Mengetik 10 Jari Dengan Typershark



Aku yakin, kalian semua sudah bisa mengetik, buktinya kalian bisa mengoprasikan Komputer. Tapi apakah kalian cukup lancar dalam mengetik? Itu soal lain. Bisa mengetik dan lancar mengetik itu beda. Sekedar bisa mengetik belumlah cukup bagi mereka yang doyan menulis blog atau mereka yang bekerja di bagian Administrasi.

Yang dimaksud lancar mengetik disini adalah kemampuan mengetik 10 jari (sebenarnya sih 9 jari karna jempol kiri tidak harus digunakan). Jika kita menggunakan semua jari tangan kita untuk mengetik maka kecepatan mengetik kita akan lebih maksimal. Kenapa begitu? Karna sebenarnya keyboard PC kita memang didesain untuk mengetik 10 jari.

Mengetik 10 jari jelas memiliki banyak keuntungan dibanding mereka yang menggunakan 11 jari (maksudnya 2 jari telunjuk, hehehe..). Yang pertama jelas lebih cepat, karna seluruh jari menjangkau seluruh huruf. Yang kedua, mata kita bisa fokus menghadap monitor karna kita tidak lagi perlu melihat keyboard untuk melihat tombol keyboard.

Sebenarnya ada banyak Software untuk membantu kita memperlancar kecepatan mengetik, tapi salah satu Software yang paling recommended adalah Typershark. Di Typershark terdapat Tutor Mode untuk memudahkan bagi yang masih pemula. Dan Game Typershark bagi yang sudah cukup mahir.

Bagi pemula, biasakanlah mengenal letak-letak huruf dengan fasilitas Tutor Mode. Meskipun sulit dan lambat, biasakanlah untuk tidak melihat huruf di Keyboard dengan begitu jari-jari kita akan terbiasa dan bisa “melihat” tombol mana yang ia tekan. Sebagai kunci selalu biasakan jari telunjuk kiri di huruf F, dan jari telunjuk kanan di huruf J. Kita tidak harus melihatnya untuk tahu letak kedua huruf tersebut 2 tombol di huruf tersebut terdapat tonjolan yang bisa kita rasakan.



Setelah kedua jari telunjuk berada di atas huruf J dan F, jari lainnya menyesuaikan. Biasakan untuk selalu dalam posisi seperti itu agar jari kita terbiasa dengan letak huruf-hurufnya. Tutor level pertama mungkin terkesan membosankan tapi selesaikanlah sampai akhir. Sering-seringlah memainkannya hingga kita hafal letak huruf-hurufnya, setelah lancar barulah lanjut ke Tutor berikutnya, dan barulah bisa mencoba tutor mengetik kalimat utuh.



Setelah dirasa lancar, lihatlah kecepatan mengetikmu, apakah masuk kategori easy, medium atau hard. Jika sudah masuk kategori medium, bolehlah mencoba memainkan Game Typershark. Cara bermainnya mudah saja, ketik huruf yang tertera pada gerombolan Hiu yang mendekat. Bunuh mereka sebelum mereka melewatimu. Kemenanganmu ditentukan dengan kecepatan mengetikmu. Jika kalian cukup percaya diri, kalian bisa menaikkan level Game dari Easy hingga Expert. Typershark yang kusediakan sudah Full Version, jadi tidak butuh serial number atau Patch, bisa langsung install dan dimainkan. Okey, langsung dipraktekkan saja. Download Typersharknya disini :


Password : winapurwokoadi

winapurwokoadi.blogspot.com

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.