Tuesday 21 July 2015

10 Anime Terbaik Menurut Versiku

 


10. Steins Gate




Genre           : Sci-fi, Thriller
Episode        : 24
Studio           : White Fox

Berada di urutan terakhir sebagai Anime terbaik dalam versiku ada Steins Gate. Bagi pecinta genre Sci-fi tentulah tidak boleh melewatkan anime yang satu ini. Steins Gate mengisahkan tentang sebuah proyek mesin waktu yang diprakarsai oleh Okabe Rintarou. Bermula dari penemuan D-Mail oleh Okabe dan Daru yang dikembangkan oleh seorang ilmuwan jenius bernama Kurisu. Mereka menemukan sebuah cara untuk menggeser garis waktu setelah meng-hack sebuah informasi laboratorium ternama SERN dengan menggunakan komputer IBM versi lama. Para anggota Lab pun satu demi satu menguji D-Mail untuk mengubah masa lalu dengan mengirim email ke masa lalu. Namun percobaan demi percobaan justru membuat situasi menjadi runyam dan Kyouma pun terjebak dalam permainan garis waktu.

Pada awal-awal episode mungkin penonton akan dibuat sedikit jenuh dan bosan dengan alur cerita, tapi jika mau sedikit bersabar maka alur cerita akan semakin menarik dan menegangkan. Meskipun di awal, karakteristik tokoh-tokoh didalamnya terlihat banyak main-main namun memasuki klimaks, karakteristik mereka akan semakin hidup sehingga membuat penonton selalu penasaran apa yang akan terjadi setelahnya. Ada drama yang cukup menyentuh didalamnya, kisah yang begitu romantis pun tak tertinggal. Intinya Steins Gate memberikan kesan mendalam bagi penontonnya sehingga banyak yang mengatakan Anime ini sebagai Anime Legend yang tiada duanya.



9. Shigatsu Wa Kimi No Uso



Genre      : School, Music, Romance, Shounen, Drama
Episode   : 22
Studio      : A-1 Pictures

Dikisahkan, Arima Kousei adalah seorang pianis berbakat yang dididik secara sangat disiplin oleh ibunya, ambisi ibunya membuat Kousei kehilangan kebahagiaan masa kecilnya. Kousei yang terdidik sangat disiplin dan teratur selalu memenangkan kejuaraan meski begitu dia dijuluki sebagai robot tanpa emosi karna ketika memainkan piano dia hanya mentaati partitur musiknya.

Hingga suatu ketika ibunya sakit keras, Kousei pun berusaha memenangkan kejuaraan demi kesembuhan ibunya namun ibunya meninggal. Sejak itu Kousei mengalami trauma terhadap piano. Ketika Kousei telah masuk kedalam irama musik maka lantunan piano yang dimainkan tidak lagi dapat didengarnya, begitu pula partitur musik dihadapannya tidak lagi terbaca olehnya, akhirnya Kousei memutuskan untuk berhenti mengikuti kompetisi Piano.

Lalu Kaori masuk kedalam kehidupannya. Kaori menuntun Kousei untuk kembali memasuki dunia musik dan berkompetisi. Berbeda dengan Kousei, Kaori tidak pernah mempedulikan kemenangan dalam kompetisi, Kaori hanya ingin memuaskan para pendengar, sebab itulah Kaori memainkan musik menggunakan inovasi yang dibuatnya sendiri, bebas tanpa terikat oleh partitur musik. Lambat laun Kousei pun kembali ke dunia musik berkat Kaori, namun problematika hidupnya barulah dimulai.

Download Shigatsu Wa Kimi No Uso


8. Gakkou Gurashi



 

Genre           : Mistery, School, Slice of Life, Horror, Psikologi
Episode        : 12
Studio           : Lerche

Berada di urutan ke delapan ada Gakkou Gurashi. Tentunya aku memiliki alasan memasukkan Gakkou Gurashi dalam anime 10 terbaikku, yang pasti anime ini merupakan salah satu anime yang memberikan kesan mendalam buatku. Dengan wajah-wajah yang begitu Moe, jangan mengira Gakkou Gurashi tidak lebih dari Anime Slice of Life biasa. Memang tak sedikit orang menilai dari sampulnya, sebab itulah banyak yang tertipu dengan alur cerita Gakkou Gurashi, dikiranya hanya sekedar Anime penghibur dan pelepas lelah tapi ternyata...

Gakkou Gurashi menceritakan tentang Klub Kehidupan Sekolah. Sebuah Klub yang diketuai oleh Yuri dengan guru pembimbing Megu-nee. Klub tersebut beranggotakan Yuki, Kurumi, Mii dan Taroumaru. Ngomong-ngomong Taroumaru itu seekor Anjing. Ketika pertama kali menontonnya mungkin tidak terlihat hal yang aneh di Gakkou Gurashi, tapi setidaknya cobalah menonton hingga akhir episode 1 dan rasakan feel-nya. Kalian akan mengerti maksudku bahwa Gakkou Gurashi lebih dari sekedar Anime tontonan pelepas lelah. Pokoknya Anime ini rekomended banget buat kalian yang suka tontonan yang bisa memicu adrenalin sekaligus bikin nyesek dada.

Download Gakkou Gurashi

7. Chuunibyou Demo Koi Ga Shitai



Genre      : School, Comedy, Drama, Romance, Slice of Life
Episode   : 12
Studio      : Kyoto Animation 

Berada di urutan ketujuh ada Chuunibyou Demo Koi Ga Shitai. Karna aku sudah pernah menuliskan artikel tersendiri tentang Chuunibyou di blog ini, jadi aku tidak merasa  perlu menuliskannya lagi, silakan langsung saja masuk ke review Chuunibyou Demo Koi Ga Shitai.


6. Oregairu




Genre      : School, Comedy, Romance, Drama
Episode   :26
Studio      : Brains Base

Kehidupan remaja itu seperti apa sih? Mungkin Oregairu bisa memberikan sedikit gambaran.  Oregairu merupakan singkatan dari judul panjangnya : Yahari Ore No Seishun Love Come Wa Machigatteiru, tentu saja aku memiliki alasan untuk menyukainya. Alasannya adalah karna Oregairu menggambarkan kehidupan dunia remaja secara jujur, tentang kebusukannya dan keharumannya. .

Mengisahkan tentang Hikigaya yang menarik diri dari kehidupan sosial karna menurutnya, hubungan kemanusiaan tidak lebih dari kebohongan dan trik untuk mencukupi kebutuhan masing-masing. Sampai akhirnya guru bimbingnya memaksanya bergabung dalam Club relawan. Club tersebut bertujuan untuk membantu para siswa menghadapi permasalahan hidupnya. Akhirnya, Hikki harus menunaikan tugasnya membantu para siswa dari mengatasi permasalahan OSIS, mengatasi permasalahan kurangnya percaya diri, permasalahan seputar asmara, dan permasalahan kehidupan remaja lainnya. Dan juga, Hikki harus bisa mengatasi permasalahan dirinya.


5. Tari Tari



Genre      : School, Slice of Life, Music
Episode   : 13
Studio      : P.A. Works

 Masuk ke urutan ke lima terbaik ada Tari Tari. Anime garapan PA Works ini memiliki grafik yang bagus dengan cerita yang cukup menyentuh hati. Musik yang mengiringinya pun begitu nyaman di telinga. Tari Tari mengisahkan tentang kehidupan beberapa siswa di Klub Paduan Suara. Konatsu yang merasa tidak puas dengan posisinya di Klub Paduan suara karna hanya bertugas membalik lembar partitur memutuskan untuk mengundurkan diri dan membentuk Klub Paduan suara sendiri. Tentu saja hal itu mendapat tentangan karna di Sekolah itu sudah ada Klub Paduan Suara.

Dengan segala cara Konatsu berusaha merekrut anggota agar bisa mendirikan Klub Paduan Suara, Konatsu mengawalinya dengan merekrut Sakai yang berbakat dalam musik. Melihat semangatnya, Kepala Sekolah pun mengizinkannya membentuk Klub Paduan Suara kedua. Fokus cerita dalam Tari Tari tidak hanya berputar pada Klub tapi lebih pada permasalahan hidup Anggotanya. Tentang Konatsu yang ingin membuktikan dirinya, tentang Sakai yang memutuskan berhenti dari bermain Musik, tentang cita-cita Sawa yang terhambat oleh ayahnya, dan sebagainya. Kisah dalam Tari Tari dikemasi dengan "apik" sehingga memberi kesan mendalam bagi penontonnya.




4. Nagi No Asukara



Genre      : Romance, Drama, Fantasy
Episode   : 26
Studio      : P.A. Works

Satu hal yang membuat Nagi No Asukara layak menempati urutan keempat terbaik adalah karna jalan ceritanya yang tidak monoton dengan kisah romance yang unik. Meski memiliki genre Fantasy, jalan cerita didalamnya adalah konflik dunia remaja pada umumnya, tentang rasa cinta dan persahabatan.

Mengisahkan tentang 2 desa yang selalu berseteru, yaitu desa laut dan desa daratan. Pada mulanya manusia itu berasal dari laut, memiliki lapisan kulit luar dan insang yang membuatnya dapat hidup dikedalaman laut, hanya saja manusia memilih untuk hidup di darat sehingga lapisan kulit luarnya pun hilang dan tidak lagi dapat kembali ke laut.

Empat sahabat dari desa laut melanjutkan Sekolah di Desa Daratan, Hikari, Chisaki, Kaname dan Manaka. Percekcokan dengan manusia darat tak dapat dihindarkan. Hanya saja ada seorang siswa daratan yang sangat baik pada mereka yang bernama Tsumugu, Manaka pun menaruh hati padanya padahal mencintai manusia Daratan merupakan larangan di Desa laut yang menyebabkannya terusir dari Laut. Konflik dunia percintaan didalamnya cukup rumit karna bercabang-cabang tapi aku tidak dapat memberikan gambaran disini karna hanya akan merusak keindahan ceritanya, lebih baik langsung dinikmati sendiri saja.



3. K-On




Genre      : School, Music, Comedy, Slice of Life
Episode   : 38
Studio      : Kyoto Animation

K-On, Anime ini merupakan gambaran masa-masa indah di SMA. Alur ceritanya yang mengalir secara alami membuatnya layak mendapatkan peringkat ketiga terbaik. Sebenernya aku pernah menuliskan artikel tersendiri tentang K-On di blog ini juga jadi untuk mengenal lebih dekat Anime satu ini silakan langsung menuju K-On Houkago : Tea Time.



2. Clannad After Story



Genre           : School, Drama, Romance, Slice of Life, Comedy, Supernatural
Episode         : 44
Studio            : Kyoto Animation
Visual Novel  : Key

Berada di urutan kedua terbaik adalah Clannad After Story. Sebenernya dari dulu sudah banyak temen yang merekomendasikanku menonton Anime ini hanya saja aku selalu melewatkannya dan memilih untuk menonton Anime lain. Alasan aku selalu melewatkannya adalah karna grafiknya tidak terlalu bagus. Memang sih, grafik memiliki pengaruh besar terhadap minat seseorang untuk menonton Anime tersebut. Dibandingkan Anime saat ini yang begitu kawaii, grafik Clannad seolah tertinggal.

Tapi pada akhirnya aku penasaran juga untuk menontonnya dan ternyata benar, keindahan cerita membuat kita merasa abai terhadap grafik.Clannad After Story merupakan peluncuran kedua dari Anime berjudul Clannad, jadi bisa dibilang sebagai Clannad Season 2. Memang lebih baik menonton Clannad Season 1 dulu tapi aku merekomendasikan Clannad After Story karna di judul inilah puncak klimaksnya.

Clannad bisa dibilang sebagai Anime tersedih sepanjang masa, julukan itu tidak bisa dibilang berlebihan karna pada nyatanya Clannad After Story selalu sukses membuat penontonnya yang mengaku berhati singa menangis tersedu-sedu, kurasa hanya batu saja yang sanggup menonton Anime ini tanpa mengeluarkan setetespun airmata. Cerita dalam Clannad sendiri terbilang luas tidak hanya seputar dunia Sekolah tapi juga kehidupan sesudahnya dan disitulah drama kehidupan yang sebenarnya. Kesulitan mencari pekerjaan, pernikahan hingga memiliki momongan. Clannad memberikan gambaran kehidupan secara luas. Mengajarkan arti sebuah kebahagiaan, tentang kepedihan dan rasa haru.


Download Clannad After Story

Download Tomoyo Story [ova]
Download Kyou Story [ova]


1. Tamayura Hitotose







Genre      : Slice of Life, Drama, Comedy
Episode   :24
Studio      :TYO Animation

Berada di urutan pertama sebagai Anime terbaik menurut versiku adalah Tamayura Hitotose. Dikisahkan, ayah Potte seorang fotografer handal dan selalu mengabadikan kenangan-kenangan indah ke dalam foto, sebab itulah Potte ingin menjadi fotografer seperti ayahnya. Namun suatu ketika ayahnya meninggal, hal itu membuat Potte tidak lagi ingin menjadi Fotografer, segala kenangan indah bersama ayahnya berubah menjadi rasa sakit, akhirnya Potte sekeluarga pun pindah ke Tokyo meninggalkan teman-teman masa kecilnya.

Di Tokyo, Potte bersahabat dengan Chihiro. Seiring berjalannya waktu, Potte pun mulai bisa menerima kenangan masa lalunya. Terpesona oleh foto-foto ayahnya, Potte pun bertekad mengikuti jejaknya, mengabadikan kenangan indah yang dilaluinya. Selain itu Potte meminta ibunya untuk kembali ke tempat kelahirannya, Takehara. Potte pun kembali ke Takehara, bertemu dengan sahabat masa kecilnya, Kao-chan, Norie-chan dan Maon-chan. Dengan kamera peninggalan ayahnya, Potte mengabadikan kenangan indah yang dilaluinya.

Tamayura adalah Anime yang berkisah tentang persahabatan dan kenangan tentang seorang ayah. Selain itu Tamayura juga memperkenalkan kota Takehara lebih dekat. Dimana kita diajak berjalan-jalan melihat keindahan arsitektur bangunan kuno di Takehara, mendaki gunung dan menikmati panorama laut yang memukau, dan juga kita diajak mengenal lebih dekat kultur budaya serta acara festival di Takehara.




-----------------------------------------------------------------------------------------------------

DAFTAR REKOMENDASI ANIME

5 Rekomendasi Anime Genre Mistery

5 Rekomendasi Anime Movie

------------------------------------------------------------------------------------------------------

winapurwokoadi.blogspot.com

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

14 comments:

  1. one piece tetep nomer satu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kepanjangan memank kenapa min?

      Delete
    2. capek aja ngikutnya. butuh waktu tahunan dan kapasitas harddisk berlebih hanya untuk satu anime. masalah selera sich. ane lebih suka anime musim-an. gak muter-muter.

      Delete
  2. one punch man ga masuk min?, anime no 1 di 2015 tuh ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry nih.. belum bisa ngegeser yang lain. kocak sih iya. tapi kalo dibikin 10 besar anime terbaik genre action... mungkin...

      Delete
    2. kurang fans ane ama one poch men soalnya sekali pukul langsung modar, gak ada action yang agak lama gitu, mending CLANNAD A STRORY and FATE STAY NIGHT UNLIMITED BLADE WORKS

      Delete
    3. emang sih, one punch man kurang perjuangannya. karna itu kebanyakan orang lebih tertarik pada comedy-nya daripada action-nya

      Delete
  3. mahou shoujo madoka magica? katanya itu bagus? ko ga masuk favorit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gomen. bukannya gak masuk favorit sih. mahou shoujo tetep favorit, tapi dalam 10 besar memang tergeser, soalnya rangking ini dibuat dari berbagai genre. kalo aja kubuat 10 besar anime genre action saja, tentulah mahou shoujo masuk.

      Delete
  4. Replies
    1. dah pernah nonton sich. buat yang suka genre romance pasti bakal suka tuh anime

      Delete
  5. Admin....apa pendapat anda tentang anime aldnoah zero & guilty crown?....boleh berikn komen?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aldnoah zero sudah kumasukkan dalam anime rekomendasi genre action... itu berarti anime tersebut cukup mengesankan buatku, bisa dibaca artikelku tentang aldnoah zero. tentang guilty crown... bagus secara grafik dan kualitas lainnya tapi tidak kumasukkan rekomendasi karna selain kisahnya terlalu suram juga aku tidak begitu suka penampilan inori yang terbuka.

      Delete

 
biz.