Wednesday 25 February 2015

Berlatih Piano di Komputer




Piano selalu enak dimainkan, baik sebagai pengiring atau dimainkan solo. Meski tidak bisa dibilang mudah memainkannya, tapi nada yang keluar dari piano memiliki akurasi ketepatan nada hingga 100% selama kita menekan tuts yang tepat.

Tingkat kerumitannya ada pada banyaknya nada yang tersedia di Piano. Nada pada piano bisa naik atau turun hingga beberapa oktaf, selain itu setiap nada masih bisa ditambahkan dengan pitch. Oktaf adalah tingkat tangga nada, jika dituliskan dengan not numeric maka kita bisa melihat tanda titik di atas atau dibawah angka. Satu titik berarti satu oktaf. Sedangkan pitch, didalam not numeric dilambangkan dengan coretan pada angka.

Dengan kelengkapan dan keakuratan nada yang ada pada piano, maka seringkali para pembuat lagu membuat melodi lagu dengan piano untuk kemudian membuat liriknya. Piano bisa dimainkan dengan beragam variasi, satu tangan bisa, 2 tangan oke. Satu orang bisa, 2 orang oke. Jika cukup berduit, memang lebih mengasyikkan untuk memainkan piano sungguhan, tapi piano adalah jenis alat musik mewah yang sangat mahal, jadi buat yang ingin belajar piano tapi duit pas-pasan tidak ada salahnya jika mencoba menggunakan software di Komputer.

Ada cukup banyak Software piano di Google, tapi banyak yang mengecewakan. Kadang, ketika aku men-download Piano dapetnya malah keyboard, yah, tak jarang orang menganggap Keyboard sama dengan piano. Bahkan ada yang beranggapan, keyboard jauh lebih bagus daripada piano karna keyboard mencakup piano juga alat musik lain. Tapi pada dasarnya piano jelas lebih bagus daripada keyboard, nada pada keyboard tidak selengkap piano, paling banter cuma bisa naik satu oktaf.



Akhirnya aku dapat juga software piano yang sangat recommended, namanya Everyone Piano. Dibandingkan software piano lain, Everyone memiliki nada yang jauh lebih lengkap. Tapi tentu saja, karna kelengkapan nada yang tersedia, tombol yang tersedia pada keyboard PC tidak mencukupi, tapi tidak masalah, kita bisa men-settingnya. Kita bisa mengedit tombol yang jarang dipakai dan menggantinya dengan nada yang kita inginkan, tergantung melodi lagu yang ingin kita mainkan.

Untuk mengeditnya, klik kanan pada tuts keyboard pada monitor dan silakan pilih mau ditambah atau dikurangi berapa oktaf atau dijadikan pitch. Tombol keyboard pada monitor sudah tertuliskan not numeric-nya sehingga akan lebih memudahkan kita memainkannya. Mungkin butuh pembiasaan untuk mengakrabkan jari-jari kita dengan tuts-tuts nada didalamnya, tapi bagi yang sudah terbiasa mengetik 10 jari tidak akan terlalu banyak mengalami kerepotan, karna seperti kita tau bahwa mereka yang terbiasa mengetik 10 jari bisa lebih cepat menjangkau seluruh tombol keyboard.

Kita bisa merekam hasil permainan kita dan mendengarkannya di Everyone Piano. Selain itu kita juga bisa mendengarkan beberapa permainan piano para profesional yang terdapat di folder music di Everyone yang terinstall. Baiklah, langsung saja, silakan download Everyone Piano disini :

Password : winapurwokoadi

Oh iya, bagi pemula seperti aku tentunya masih kerepotan mengenal istilah tangga nada. Karna itu akan lebih mudah jika kita berlatih dengan not numeric. Sayangnya, not numeric hanya familiar di Indonesia saja sehingga jika kita ingin memainkan melodi dari luar kita akan kesulitan menterjemahkan tangga nada ke not numeric. Tapi tak apa, sementara kita mainkan melodi dari Indonesia saja dulu. Jika belum punya lagu dengan not numeric bisa kunjungi blog ini.



My Heart Will Go on

winapurwokoadi.blogspot.com

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.