Sunday 17 April 2016

Kisah Inspirasi : Sebuah Solusi


             
             Pagi hari yang cerah disebuah Desa terusik dengan ditemukannya mayat seorang warga Desa yang telah koyak dimakan binatang buas. Wargapun menjadi panik, suasana Desa yang tadinya tentram kini dicekam kegelisahan. Kepala Desa setempatpun mengadakan pertemuan dengan warga untuk mencari solusi agar ketentraman Desa kembali. Wargapun sepakat untuk memburu binatang buas tersebut malam harinya.

            Malam harinya, beberapa warga desa  berkumpul dengan membawa senjata. Waktu terus berlalu sementara Warga Desa bersembunyi di semak-semak menunggu kedatangan binatang buas tersebut. Setelah lama menunggu akhirnya terlihat seekor Harimau loreng berkeliaran di sekitar Desa, serentak warga menyerbu ke arah Harimau tersebut. Namun Harimau itu sangat tangguh, beberapa korban berjatuhan dari warga Desa sementara Harimau tersebut berhasil melarikan diri.

            Satu Minggu telah berlalu, namun Harimau itu belum juga dapat diburu. Sebaliknya, setiap malamnya selalu jatuh korban sehingga Kepala Desa memutuskan untuk menghentikan pemburuan demi menghindari jatuhnya korban. Musyawarahpun diadakan untuk mencari cara menangkap Harimau liar tersebut. Akhirnya warga memutuskan untuk menjebak harimau tersebut. Wargapun bahu membahu memasang beragam perangkap, namun hingga satu Bulan berlalu Harimau liar itu belum juga tertangkap sementara korban masih terus berjatuhan.

            Wargapun kehilangan akal dalam mengatasi permasalahannya itu. Warga mengadakan musyawarah dan perbincangan, perbincangan terus mengalir hingga akhirnya mengarah pada cerita tentang seorang alim yang tinggal di tengah hutan. Warga merasa heran dengan orang alim tersebut yang berani tinggal sendirian ditengah hutan padahal Harimau liar berkeliaran. Kemudian Kepala Desa terpikir untuk menemui orang alim tersebut demi mencari solusi dalam mengatasi permasalahan Harimau liar.

            “Anda telah lama tinggal di Hutan ini, tidakkah Anda tahu bahwa di Hutan ini sedang berkeliaran seekor Harimau liar?” Tanya Kepala Desa kepada sang alim ketika dia dan beberapa warga berkunjung ke rumahnya.

                “Saya tahu itu, tapi saya tidak terganggu olehnya.” Jawab sang alim dengan tenang.

            “Namun warga Desa sangat terganggu dengan keberadaan Harimau tersebut. Sudah jatuh banyak korban dari warga. Kami telah mencoba segala upaya namun hingga sekarang kami belum juga dapat menangkap Harimau tersebut. Dapatkah Anda memberi kami solusi agar teror ini bisa segera dihentikan?”

            Sang alim tersenyum lembut, “memang seringkali jalan kekerasan tidak memberi solusi. Harimau itu hanya lapar, maka beri saja dia makan. Insya Allah dia tidak akan mengganggu warga lagi.”

            Kepala Desa dan Warga terkejut mendengar jawaban itu, bagaimana mungkin binatang yang selama ini telah memakan banyak korban justru diberi makan bukannya dibunuh. Tapi mereka menyadari bahwa memang tidak ada jalan lain, mereka pun menurut. Kini setiap hari mereka menyediakan makanan untuk Harimau itu, sejak itu Harimau itu tidak pernah mengganggu warga lagi dan warga Desa kembali hidup dengan damai.

winapurwokoadi.blogspot.com

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.