Monday 21 March 2016

Persiapan Setelah Install Ulang



Sebenarnya aku pribadi bukanlah spesialis ahli di bidang Komputer, namun tidak ada salahnya  membagikan ilmu yang ada meskipun tidak seberapa daripada hanya menyimpannya dalam kepala tanpa memberi manfaat. Aku pribadi belajar Komputer secara otodidak bukan melalui Kursus. Bahkan di SMA-ku tidak ada materi Komputer. Selain belajar dari browsing aku mendapatkan pelajaran Komputer dari tanya sana-sini. Jadi meskipun tidak seberapa, setidaknya aku agak mengerti tentang Komputer.

Dalam pembahasan kali ini aku sengaja tidak akan memberikan link download untuk Software yang digunakan dan hanya memperkenalkan nama-namanya saja. Karna yang namanya Software Komputer tentunya akan selalu update jadi akan lebih baik jika browsing sendiri biar bisa mendapatkan Software terupdate. Namun sekedar mengingatkan saja, pastikan Software yang dimaksud sudah full version atau setidaknya memiliki patch/ crack atau serial number. Karna Software dalam bentuk trial hanya akan tahan beberapa hari.

Setelah membeli Komputer baru, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan Instalasi OS (Operating System. Mis : Linux, Windows). Untuk melakukan Instalasi dibutuhkan OS dalam bentuk CD atau Flashdisk. Aku pribadi lebih suka menggunakan Bootable Flashdisk karna resiko kerusakan lebih kecil. Untuk membuat Bootable dalam bentuk Flashdisk kita membutuhkan Software yang bernama Rufus selain itu kita juga membutuhkan OS yang hendak kita jadikan Bootable.

Setelah Install Ulang OS selesai masih ada beberapa langkah agar Komputer benar-benar siap untuk di Oprasikan. Karna biasanya OS yang dipakai bukanlah OS berlisensi tentulah kita harus memastikan apakah OS tersebut masih dalam bentuk trial atau sudah siap pakai. Jika kita tidak memiliki serial number maka kita bisa mengakalinya dengan patch/ crack. Satu jenis patch/ crack hanya berlaku untuk satu jenis OS, misalkan saja RemoveWatt hanya akan berlaku untuk Windows 7 dan KMSpico hanya berlaku untuk Windows 8, begitu pula dengan OS yang lain.

Setelah OS dalam keadaan siap pakai kita masih perlu menghubungkan antara Software dengan Hardware, untuk itu dibutuhkan perangkat Driver. Biasanya setiap pembelian Komputer baru sudah disertakan Driver yang dimaksud dalam bentuk CD, tapi bagaimana jika Driver tersebut hilang? Tidak masalah. Kita bisa mendownload-nya dari Internet. Tapi jika kita tidak ingin repot lebih baik sekalian saja kita mendownload Driver Pack. Karna Driver Pack adalah Driver untuk segala jenis Merk Komputer. Meski begitu kita harus menentukan juga Driver Pack tahun berapa yang harus kita pakai. Untuk Komputer jenis terbaru tentulah kita perlu menggunakan Driver Pack tahun terbaru juga.



Dalam Driver Pack juga terdapat beberapa jenis Software yang juga bisa langsung di install, kita checklist saja beberapa jenis Software yang memang penting dan uncheck yang tidak penting. Mozilla Firefox dan Google Chrome adalah contoh Software penting yang sebaiknya kita checklist. Setelah semua Driver terinstall maka Komputer sudah siap untuk dipakai, tentunya kita tidak lupa untuk melakukan restart terlebih dahulu.

Nah, setelah Komputer siap pakai maka yang harus dilakukan adalah memaksimalkan penggunaan Komputer dengan menambah beberapa Software. Meskipun jenis Software disesuaikan dengan fungsi penggunaannya tentulah ada beberapa Software inti yang seharusnya ada. Tentulah janggal jika kita memiliki Komputer tapi tidak bisa digunakan untuk mengetik dokumen, jadi untuk hal itu kita membutuhkan Microsoft Office. Untuk yang suka keren-kerenan biasanya akan lebih suka menggunakan Microsoft Office keluaran terbaru. Tapi aku pribadi biasanya tidak begitu tertarik dengan Sofware keluaran terbaru, karna semakin canggih suatu Software tentulah semakin berat bagi Procecor untuk menjalankannya.

Kemudian jangan lupa menginstall VLC dan Media Player Classic untuk memutar Video dan Music. Kurasa dua Software itu sudah cukup untuk Player, atau memilih salah satunya juga tidak jadi masalah. Namun antara VLC dan Media Player Classic memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama. Kita bisa mengabaikan untuk menginstall Player lain seperti GOM, Winamp dan sebagainya demi memperingan kinerja Prosesor.



Untuk perawatan, penting pula untuk menginstall CCleaner. CCleaner berfungsi untuk membersihkan berkas-berkas sampah yang ada di registry dan yang lain sehingga akan mempercepat kinerja Prosesor.  Selain itu CCleaner juga memiliki beberapa fungsi seperti mengatur apa saja yang ada dalam startup, mendeteksi kerusakan registry, uninstall program dan yang lain.

Bagi Komputer yang terhubung dengan WebCam, kita bisa menambahkan Software untuk memfungsikannya. Aku pribadi menyarankan ManyCam. Fungsi ManyCam selain untuk merekam apa yang terjadi didepan WebCam juga bisa digunakan untuk merekam apa yang ada di Desktop. Keluaran dalam ManyCam bisa dalam bentuk Foto, Video dan Rekaman. Menurutku ManyCam sudah cukup sempurna untuk memaksimalkan pemakaian WebCam, tentu saja setelah menginstallnya kita masih perlu mempelajarin pemakaiannya.

Tidak lupa pula kita harus menginstall WinRar ke dalam Komputer kita. Fungsi WinRar adalah untuk membuat Zip/ Rar selain juga untuk meng-extract Zip/ Rar. File dalam bentuk Zip/ Rar akan lebih aman dari serangan Virus. Jadi kusarankan agar Driver-Driver Software penting dibuat Zip/ Rar. Tentu saja kita masih akan membutuhkan Driver-Driver tersebut nantinya ketika nantinya kita terpaksa harus melakukan Instalasi Ulang. 

Adobe Reader dan Flash Player juga sebaiknya di install agar kita bisa mengoprasikan file dalam bentuk PDF maupun Flash. Kemudian Auto Shutdown juga cukup penting bagi yang terbiasa meninggalkan Komputer dalam keadaan menyala atau bagi yang sering ketiduran ketika mengoprasikan Komputer. IDM (Internet Download Manager) cukup berguna untuk menghindari koneksi terputus ketika download. Kurasa hanya itu saja Software yang seharusnya ada di Komputer kita, selain dari itu kita bisa menambahkan beberapa Software sesuai penggunaan. Bagi seorang Desain Grafis tentulah perlu menambahkan Software Desain seperti Corel Draw untuk Desain bebas, Photoshop untuk penyempurnaan Foto, Indesign untuk Desain Layout, dan semacamnya sangat perlu untuk ditambahkan. Untuk melakukan Burning CD kita juga perlu menambahkan Nero. Sedangkan bagi yang suka merubah eksitensi file kita juga bisa menambahkan Format Factory.


Untuk keamanan tambahan kita bisa memberikan Anti Virus. Aku pribadi sudah merasa cukup dengan Windows Defender. Tapi penggunaan Smadav juga cukup berguna untuk beberapa jenis virus yang suka mengobrak-abrik system di Local Disc. Atau yang selalu Online di internet, Spy Hunter bisa jadi sangat berguna. Dan untuk Komputer yang digunakan banyak orang sehingga sangat rentan terkena virus menggunakan Shadow Defender jauh lebih efektif daripada Deepfreeze. Fungsinya adalah mengembalikan keadaan Komputer ke saat Shadow Defender diaktifkan ketika Restart/ Shutdown, jadi sebanyak apapun virus masuk maka Komputer akan kembali ke keadaan awal sebelum virus menginfeksi. Kurasa cukup segitu saja Software yang kuperkenalkan. Tentunya kita bisa menambahkan Software sesuai dengan kebutuhan kita. Mempersedikit menginstall Software adalah langkah yang tepat jika kita ingin usia Hardware Komputer kita lebih lama. 





winapurwokoadi.blogspot.com

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.