Tuesday 26 August 2014

Defrag Dan Manfaatnya


Saya sering berkunjung ke Perpustakaan di Kotaku, di situ buku-buku di kelompokkan dalam rak yang berbeda. Ada rak khusus Psikologi, Agama, Komputer, Novel, Komik, dan sebagainya, hal itu memudahkanku untuk mencari buku yang ingin kubaca. Namun tak jarang ada pengunjung yang merusak tatanan tersebut, ketika dia usai membaca maka dia mengembalikan buku tersebut di rak yang berbeda, buku Psikologi dimasukkan ke dalam rak Novel sehingga saya sering kerepotan mencari buku yang saya inginkan dan butuh waktu yang lama untuk menemukannya. Untungnya, tiap beberapa hari sekali pengurus Perpustakaan menyusun ulang penataan Buku dan mengelompokkannya.

Terus apa hubungannya dengan Defrag Komputer? Defrag bisa juga diartikan merapikan file. Saat kita menggunakan Komputer tentulah kita melakukan beragam aktifitas seperti copy paste, move folder, install aplikasi baru, membuat file baru, dan sebagainya. Semakin banyaknya file yang dibuat penyusunannya akan semakin amburadul. Itu seperti Perpustakaan tadi ketika banyak pengunjung mengembalikan buku di tempat yang tidak seharusnya. Dengan file yang berantakan maka system akan kebingungan saat booting sehingga kinerja Komputer menjadi lemot dan sering terjadi bad sector, system akan kelelahan ketika booting dan berakibat pada usia Harddisk sehingga berkurang.

Untuk mengatasinya kita harus merapikan file-file didalamnya agar memudahkan kinerja system ketika booting. Tapi jangan salah dimengerti, bukan berarti kita harus merapikannya secara manual dengan move folder atau klik kanan “sort by”. Itu tak ada hubungannya sama sekali. Merapikan yang dimaksud bukanlah mengotak-atik penempatan file tapi melakukan Defrag. Ada berbagai macam Software untuk Defrag, tapi saya menggunakan Software 10 Bit Smart Defrag. Salah satu perangkat Advanced System Care. Pemakaiannya cukup mudah, cukup tandai Drive yang akan kita Defrag, aktifkan automatic Defrag (On), lalu klik “Analyze” di situ terlihat berbagai macam kotak kecil yang berwarna-warni, itu adalah pengaturan file di Komputer kita. Ada 8 jenis warna disitu. Setelah proses Analyze usai, kita klik “Defrag” dan tunggu hingga kotak berwarna merah berkurang/ habis.


Proses Defrag biasanya memakan waktu lama, karna itu kita prioritaskan Drive C (Local Disc) untuk di Defrag. Namun jika kita punya cukup waktu luang, jauh lebih sempurna kita Defrag keseluruhan Drive. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan Defrag? Bisa sebulan sekali atau seminggu sekali, terserah kalian. Ketika kinerja Komputer semakin lambat maka itulah saatnya kita Defrag. Semakin sering kita men-defrag maka semakin bagus. Selamat men-defrag!!

________________________________________________________________________________

NB : karna Smart Defrag merupakan perangkat ASC maka kita harus menginstal ASC terlebih dulu. Jadi silakan download ASC disini :

Download ASC dan Spyhunter

winapurwokoadi.blogspot.com

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.