Tuesday 26 August 2014

Bekukan Folder / Partisi Dengan Shadow Defender



Mungkin ada beberapa teman yang belum mengetahui apa itu Deepfreeze. Deepfreeze adalah Software pengaman untuk Komputer yang biasanya digunakan di fasilitas umum seperti Perkantoran, Sekolah atau Warnet. Fungsi Deepfreeze adalah mengamankan Local Disc/ Drive C (atau Drive lainnya) dari serangan malware (Virus, Trojan, Spyware, Worm) terutama dan dari perubahan lain.

Singkatnya, Drive yang sudah dibekukan menggunakan Deepfreeze akan selalu kembali seperti sedia kala saat Deepfreeze di aktifkan ketika Restart/ Reboot. Jadi kita tidak perlu khawatir dengan serangan Malware atau perubahan lainnya di Drive karna dia akan selalu kembali seperti sedia kala. Bisa dibilang, Deepfreeze adalah pengaman terampuh bagi PC jika dibandingkan dengan Anti Virus.

Pertanyaannya adalah, apakah Deepfreeze benar-benar aman bagi Komputer kita? Sayang sekali Deepfreeze bukanlah Software yang sempurna, bahkan memiliki kelemahan yang sangat fatal yang mengakibatkan Komputer harus di install ulang. Apakah karna pengamanannya kurang? Sama sekali bukan, pengamanannya terhadap serangan Malware sudah sempurna. Hanya saja kadang, Deepfreeze (terutama yang trial) mengalami error sehingga dia bisa saja membekukan seluruh partisi tanpa diminta dan tidak bisa dipanggil untuk di non aktifkan.

Saya sudah 2 kali kejadian hal demikian di tempat kerja. Saya tidak pernah bisa menyimpan file dari pekerjaanku karna selalu hilang ketika Komputer Reboot sehingga mau tak mau harus menggunakan Flashdisk untuk menyimpan File. Icon Deepfreeze di kanan bawah tiba-tiba menghilang. Ketika dipanggil menggunakan shortcut juga tidak bisa. Sayapun masuk ke dalam Program File untuk mencari Icon Deepfreeze tapi tak berhasil. Sayapun mencoba menon aktifkan Deepfreeze menggunakan Software yang bernama Undeepfreeze, itupun gagal. Hal terakhir yang terpikir adalah menginstal Deepfreeze baru yang lebih tinggi dengan harapan ketika Deepfreeze baru di install maka akan menumpuk Deepfreeze lama, namun cara terakhir itupun gagal. Akhirnya Komputer harus di Install ulang.

Dari pengalaman itu saya berjanji untuk tidak lagi menggunakan Deepfreeze. Namun Komputer tanpa Deepfreeze untuk Kantor tentulah bahaya karna tentulah banyak orang yang memasukkan file menggunakan Flashdisk sehingga Komputer sangat rentan terhadap serangan Malware. Karna itu saya mencari Software lain yang lebih aman dengan fungsi yang sama seperti Deepfreeze.


Akhirnya saya menemukannya, Software ini bisa dibilang sempurna bagi Komputer. Fungsinya sama, yaitu membekukan Drive, tapi bukan itu saja, selain membekukan Partisi Drive Software ini bisa juga membekukan Folder. Berbeda dengan Deepfreeze yang hanya membekukan Partisi, Software ini bisa memilih Folder mana yang akan di bekukan. Kita bisa saja hanya membekukan Folder Program File di Drive C misalnya sehingga Folder lain masih bisa difungsikan seperti sedia kala. Selain itu, berbeda dengan Deepfreeze, Software ini juga membuat shortcut icon di desktop sehingga kita selalu bisa memanggilnya kapan saja. Catat ya, nama Software ini adalah SHADOW DEFENDER. Sampai saat ini saya belum menemukan Software yang lebih baik, dan kurasa itupun tak perlu karna Software ini sudah cukup sempurna sebagai pengaman Komputer.





Cara penggunaan Shadow Defender tidak begitu rumit, tapi meski begitu tanpa tutorial tetap sedikit ribet bagi yang awam. Tapi saya sendiri agak males menulis tutorialnya karna di blog lain sudah dijelaskan. Jadi silakan kunjungi langsung sumbernya, sekalian disitu sudah tersedia Link downloadnya. Okay, selamat mencoba !!





winapurwokoadi.blogspot.com

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.